Wednesday 13 April 2011

ATMOSFER
Atmosfer merupakan bagian dari sebuat planet, yang memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah untuk melindungi kehidupan dari sinar matahari yang membahayakan kehidupan dan juga atmosfer juga adalah tempat berlangsung terjadinya kejadian-kejadian cuaca. Komposisi atmosfer terdiri dari kumpulan gas – gas yang memiliki perbedaan prosentase jumlah.

1. Komposisi atmosfer
Komposisi atmosfer terdiri rata-rata dari gas-gas kering, komposisi terdiri dari Nitrogen (78%), Oksigen (20.95%), Argon (0.93%), Karbondioksida (0.03%), dan Gas – gas mulia (0.09%). Dan di atmosfer terdapat lapisan ozon (O3) yang melindungi kulit kita dari radiasi sinar matahari yang berbahaya.

Gas – gas komposisi atmosfer :
1. Nitrogen
Nitrogen yang terdapat di atmosfer merupakan hasil peluruhan sisa-sisa hasil pertanian dan letusan gunung berapi, proses bilogis tumbuhan. Dan nitrogen pun dapat diubah menjadi nitrogen oksida (NO) oleh petir dan pembakaran suhu tinggi di dalam mesin kendaraan bermotor dan pesawat.
2. Oksigen
Oksigen dihasilkan oleh proses fotosintesis pada tumbuhan. Pada proses ini tumbuhan menyerap karbondioksida dan mengeluarkan oksigen.
3. Karbon dioksida
Karbondioksida berasal dari hasil pernafasan manusia dan pelapukan bahan organik serta pembakaran bahan bakar fosil.
4. Uap air dan gas mulia


2. Profil struktur Atmosfer

Struktur atmosfer :
1. Troposfer
Troposfer merupakan lapisan terbawah atmosfer. Profil suhu di troposfer semakin bertambah ketinggian maka semakin menurun suhunya dengan nilai laps rate rat-rata 6.50C setiap 1 Km. Di lapisan troposfer inilah terjadinya peristiwa-peristiwa cuaca maka kadang dikatakan “lapisan pembuat cuaca”. Batas antara lapisan troposfer dan stratofer yaitu tropopause, pada lapisan ini suhu konstan atau disebut isothermal. Tinggi troposfer lebih tinggi di daerah ekuator dibanding di daerah lintang tinggi. Pada umumnya tinggi troposfer lebih tinggi di musim panas dan lebih rendah di musim dingin pada setiap lintang.
2. Stratofer
Suhu udara di Stratosfer semakin tinggi tempat maka akan semakin meningkat suhu udaranya.Terjadinya lapisan inversi terdapat di stratosfer karena di lapisan stratosfer terdapat ozon (O3) yang menyerap radiasi sinar matahari (ultraviolet) sehingga memanasakan udara di stratosfer. Ozon memiliki peran untuk melindungi bumi dari sinar ultraviolet dengan menyerap enegi panas sinar ultraviolet, sehingga itu menjadi alasan kenapa pada lapisan stratofer memanas jika semakin meningkat ketinggiannya. Lapisan batas antara stratofer dan mesosfer disebut stratospause.

3. Mesosfer
Pada lapisan ini udara memiliki tekanan sangat rendah atau ekstrim. Walaupun begitu prosentase nitrogen dan oksigen di mesosfer kira-kira hampir sama dengan jumlahnya di permukaan bumi. Bernafas di udara mesosfer terdiri dari jauh lebih sedikit molekul oksigen daripada bernafas di udara troposfer. Pada level ini tanpa persiapan peralatan bernafas, bisa mengalami hypoxia yaitu kekurangan oksigen dengan suhu udara rata-rata -900C. Di puncak mesosfer merupakan tempat yang paling dingin.puncak dari mesosfer disebut mesopause
4. Thermosfer
Thermosfer merupakan lapisan panas. Disini molekul oksigen menyerap energi sinar matahari sehingga memanaskan udara. Di thermosfer ,disana rata-rata sedikit atom dan molekul. Sehinga, penyerapan senergi sinar matahari yang kecil dapat menyebabkan peningkatan yang besar suhu udara. Di lapisan thermosfer terdapat lapisan ionosfer adalah bukan lapisan yang nyata tetapi merupakan area elektrik dengan konsentrasi ion yan tinggi. Ion adalah atom dan molekul yang mendapat dan kehilangan satu atau lebih elektron. Lapisan ionosfer terdapat pada 60 Km diatas permukan bumi.
5. Eksosfer
Lapisan diatas thermosfer sekitar 500km diatas permukaan bumi, molekul dapat bergerak dengan jarak jaun sebelumbertumbukan dengan molekul yang lain. Lapisan dimana atom dan molekul ke luar angkasa dan yang merupakan batas paling atas atmosfer ,ini disebut eksosfer.http://www.blogger.com/img/blank.gif

Disamping poin diatas ,kita akan mempelajari lapisan atmosfer yang mendasari profil vertikal suhu. Di bawah thermosfer memiliki komposisi yang seragam( 78% Nitrogen http://www.blogger.com/img/blank.gif,21%Oksigen dll.) . Lapisan ini kitahttp://www.blogger.com/img/blank.gif sebut homosfer. Sedangkan heterosfer adalah lapisan yang berada diatas thermosfer dimana atom dan molekul jarang terjadi tumbukan sehingga jenis atom dan molekul tidak seragam.
Disusun :ofree
Sumber pustaka:` Essentials Of Meteorology,C.Donald Ahrens
Meteorologi,Susilo Prawirowardoyo
http://ollyagain.blogspot.com/2009/11/gambaratmosfer.html
misykatulanwar.wordpress.com

FILE!

No comments:

Post a Comment